Monday 24 August 2015

Buku Sangat Bermanfaat untuk Tubuh dan Pikiran Kita



 
 
    Anda termasuk orang yang hobi membaca buku? Jika tidak sebaiknya mulai sekarang cobalah untuk mulai lebih sering membaca buku. Mengapa demikian? Karena selain bisa menambah informasi, rutin membaca terbukti bisa meningkatkan juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Ingin tahu seberapa besar manfaat membaca buku untuk kesehatan? Berikut adalah beberapa manfaatnya.


Membaca Cegah Alzheimer
    Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences di tahun 2001, menemukan bahwa orang dewasa yang hobi melakuan aktivitas yang berhubungan dengan otak dan salah satunya membaca, cenderung lebih sedikit yang mengidap penyakit Alzheimer.  Selingi kegiatan membaca Anda dengan bermain permainan yang masih berhubungan dengan otak, seperti bermain catur dengan teman atau kerabat.

Memperkuat Kemampuan dalam Membaca Pikiran
    Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Science, saat kita membaca buku-buku sastra, kemampuan kita untuk membaca pikiran orang juga akan meningkat. Studi ini menunjukkan bahwa membaca karya sastra, khususnya fiksi, akan mampu memupuk keterampilan yang dikenal dengan teori pikiran (kemampuan membaca pikiran dan perasaan orang lain).

Membuat Tubuh Lebih Tenang (Rileks)
    Anda sedang merasa stres?  Segera ambil sebuah novel dan mulai membaca. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mindlab Internasional, University of Sussex, pada tahun 2009 menemukan bahwa membaca adalah cara yang paling baik untuk mengatasi stress, bahkan membaca terbukti lebih baik dari aktivitas-aktivitas lainnya, seperti berjalan-jalan, menikmati teh atau kopi, dan mendengarkan musik. Pilih buku kesukaan Anda dan mulai nikmati lembar demi lembarnya agar tubuh Anda terasa lebih tenang dan nyaman.

Menjaga Ketajaman Otak 
    Sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Neurology menemukan bahwa orang yang rajin membaca buku, otaknya akan tetap terjaga ketajamannya walaupun ia sudah berusia tua. Mereka yang rajin membaca saat menua akan mengalami penurunan daya ingat lebih lambat jika dibandingkan dengan yang tidak rajin membaca. Studi tersebut menemukan bahwa sangat penting untuk melatih otak di usia tua dan karenanya kita tidak boleh meremehkan efek dari kegiatan seperti menulis dan membaca.

Menurunkan Depresi
    Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan jurnal PloS ONE, pasien yang membaca buku dengan rutin serta dikombinasikan dengan sesi dukungan tentang cara penggunaannya akan bisa lebih diturunkan tingkat depresinya setelah satu  tahun dibandingkan dengan pasien yang hanya melakukan perawatan biasa saja.
    Setelah mengetahui manfaat besar dari membaca, mari mulai sekarang mulai membiasakan diri untuk rutin membaca, baik buku atau media cetak lainnya, seperti koran dan majalah. Selain ilmu bertambah, kesehatan kita juga lebih terjamin.
    Anda siap untuk rutin membaca buku mulai saat ini?

    FunFact: “Tidak peduli buku apa yang Anda baca, asyik membaca dapat menghilangkan kekhawatiran dan tekanan dari luar,” kata peneliti, Dr David Lewis, seperti dilansir laman Huffington Post.
Sumber: http://www.duniaprofesional.com/kesehatan/

No comments:

Post a Comment

Silakan beri komentar, terima kasih.