Monday 20 April 2015

Sejumlah Objek Wisata di Lombok


Anak-anak Desa Loyok sangat terampil membuat barang-barang kerajinan tangan dari rotan bermutu tinggi. Desa Loyok di Kabupaten  Lombok Timur merupakan sentra perajin. Di sini dihasilkan  aneka barang kerajinan untuk cenderamata dari rotan dan bambu, yang juga diekspor ke negara-negara maju. Nampak anak-anak sedang menganyam tas tangan di depan sebuah toko cenderamata di desa tersebut. 
 (Foto:AB/3.15/1.5/ Harian Angkatan Bersenjata, 14 Desember 1994).



DUSUN SADE: Salah satu objek wisata budaya di Lombok Tengah, permukiman tradisional suku Sasak di Dusun Sade, Rambitan, yang dilestarikan. Sebanyak 113 keluarga  dengan  517 jiwa menempati rumah-rumah di sana  yang terbuat sederhana, dinding bambu, atap rumbia dan tiang dari kayu. Para wanita di sana membuat kerajinan kain tenun yang banyak dibeli wisatawan sebagai cenderamata. Nampak anak-anak warga Sade sedang santai di samping rumah tradisional Sasak (atas). Sedang gambar bawah memperlihatkan seorang nenek yang sedang menggulung benang untuk pembuatan kain tenun di beranda rumahnya.
 (Foto:AB/3.15/ Harian Angkatan Bersenjata, 12 Desember 1994).

DESA WISATA: Salah satu sudut permukiman penduduk Sasak yang dilestarikan dan dijadikan objek wisata, berada di Dusun Sade, Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Desa wisata ini dihuni sejumlah keluarga. Rumah mereka bertiang kayu, berdinding bambu dan beratap rumbia. Rumah-rumah ini dan lingkungannya menarik perhatian wisatawan.
 (Foto:AB/3.15/ Harian Angkatan Bersenjata, 5 Desember 1994).



No comments:

Post a Comment

Silakan beri komentar, terima kasih.